Tes TOEFL (Test Of English As Foreign Language)

Tes TOEFL (Test Of English As Foreign Language)

Tes TOEFL sudah tahu ya. Sudah pernah mengikutnya atau paling nggak tahu/pernah dengar  mengenai tes ini. Tes yang dilakukan untuk persyaratan memasuki sekolah/universitas, syarat kelulusan, melamar pekerjaan, keniakan jabatan, dll. Ok, sebagai penambah pengetahuan, bagi yang belum tahu ini pada posting kali ini kami akan berbagi  informasi sedikit penjelasan mengenai tes TOEFL.

TOEFL yang kepanjangannya adalah Test Of English As Foreign Language (Tes Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing) yaitu suatu yang didesain secara khusus untuk tingkat kecakapan atau profisiensi mereka yang tidak menggunakan bahsa inggris sebagai bahasa ibu (non-native speaker).

TOEFL terdiri dari dua jenis, yaitu Computer-Based Testing dan Paper-Based Testing. Model Computer-Based adalah ujian TOEFL yang menggunakan komputer. Skala penilaiannya antara 40-300. Sedangkan jenis paper-based adalah ujian TOEFL yang menggunakan kertas sebagai pengujiannya. Skor penilaian ini berada kisaran 217-677. Bentuk kedua inilah yang paling banyak dan lazim digunakan.

Batas nilai skor TOEFL yang dibutuhkan pada berbagai perguruan tinggi dan instansi lainnya berbeda satu sama lainnya. Sehingga berapapu skor TOEFL yang anda butuhkan akan sangat tergantung pada keperluan anda.

Bentuk soal-soal tes TOEFL

1. Listening Comprehension

Berguna untuk menguji kemampuan peserta menyimak pembicaraan atau bahasa lisan yang dilakukan dalam bahasa inggris.

2 Structure and Written Expression

Berguna untuk mengetahui kemampuan gramatikal peserta tes, termasuk di dalamnya gaya-gaya bahasa tulis dalam bahasa inggris.

3. Reading Comprehension

Berguna untuk mengetahui pemahaman peserta tes terhadap teks-teks tertulis dalam bahasa inggris.

4. Test Of English Written (TEW)

Bagian ini dikhususkan untuk mengetahui kemampuan peserta tes dalam melakukan tulis menulis dalam bahasa inggris.

Untuk soal TEW sangat jarang digunakan pada tes TOEFL, yang sering digunakan Listening Comprehension, Listening Comprehension, Reading Comprehension.

Ya begitulah teman-teman ulasan singkat mengenai tes TOEF, semoga bermanfaat ya selamat belajar.