Pengertian Test TOEFL dan Jenis-jenisnya

Pengertian Test TOEFL-Test TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah suatu test yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam bahas ainggris. Test TOEFL ini dibuat untuk orang yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa inggris. Test ini biasanya digunakan sebagai syarat seseorang untuk bisa bekerja atau melanjutkan pendidikan dinegara yang menggunakan bahasa inggris untuk bahasa sehari-hari. Namun saat ini sudah digunakan juga untuk persyaratan melanjutkan pendidikan S2, atau S3 dalam negeri, atau memasuki universitas favorit, atau di instansi/perusahaan-perusahaan yang bonafide.

Pengertian Test TOEFL dan Jenis-jenisnya

Test TOEFL dibentuk dan dikembangkan oleh ETS (Educatioanl Testing Service) yang berpusat di new jersey US. Test ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1936.

Saat ini ada tiga jenis tes TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS, yaitu PBT (Paper Based Test), Computer Based Test (CBT), dan IBT (Internet Based Tes). Jenis test yang sering dilakukan adalah PBT dan IBT.

Pengertian Test TOEFL dan Jenis-jenis test TOEFL

1. PBT TOEFL
Test TOEFL yang menggunakan kertas sebagai lembar jawabannya.Ini adalah bentuk dari tes TOEFL yang pertama kali dibuat. Dalam PBT tes meluputi listening, structure, dan reading.Rentang skor 310-677, waktu mengerjakan sekitar 2-2,5 jam.

2. CBT TOEFL
Test TOEFL yang menggunakan suatu komputer yang menggunakan software tertentu, jadi jwaban tidak lagi menggunakan kertas. Kemampuan yang diuji meliputi listening, structure, reading, dan writing. Rentang skor 0-300 dengan waktu mengerjakan antara 2-2,5 jam

3. iBT TOEFL
Tes TOEFL ini menggunakan komputer yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Kemampuan yang diuji meliputi reading, listening, writing, dan speaking. Sistem ini mulai dipublikasika pada tahun 2005, dan mulai digunakan di Indonesia pada tahun 2006.

Bagi yang ingin mengikuti tes TOEFL, saat ini sudah banyak lembaga-lembaga resmi yang melaksanakan test ini. Namun perlu di ketahui bahwa hasil dari test toefl tidak berlaku selamanya, hanya berkisar andara 1-2 tahun. Biaya test TOEFL cukup mahal dan test TOEFL tidak mudah, banyak orang yang ikut TOEFL yang gagal mendapatkan skor yang diinginkan. Maka dari itu perlu melakukan persiapan-persiapan yang matang.
Demikianlah informasi singkat mengenai pengertian test TOEFL, jenis-jenis dan perbedaannya.