Menguak Cara Mendapatkan Nilai TOEFL di Atas 550

Cara mendapatkan nilai TOEFL di atas 550 bukanlah daftar cara yang benar-benar asing bagi seseorang yang sedang mempersiapkan diri menghadapi Tes TOEFL. Di era globalisasi ini, nilai TOEFL makin penting. Semakin bagus nilainya, semakin baik peluang kerjanya, sebab Tes TOEFL adalah patokan kemampuan dasar berbahasa Inggris seseorang, baik kemampuan reading, listening, dan berpengaruh juga pada kemampuan speaking. Untuk itu nilai TOEFL yang tinggi juga jadi syarat utama seseorang saat sedang berburu beasiswa ke luar negeri.

Cara Mendapatkan Nilai Toefl Di Atas 550

Pengantar Umum Cara Mendapatkan Nilai TOEFL di Atas 550

Khusus bagi mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, biasanya patokan skornya minimal 550. Standar nilai ini dirasa cukup untuk menjadi modal awal seseorang dalam menjalani pendidikan di luar negeri yang bahasa utamanya Inggris, baik dalam analisis teks, berkomunikasi dengan civitas academica campus, maupun memahami materi kuliah dari dosen. Lalu bagaimana cara mendapatkan nilai TOEFL di atas 550 itu?

Bagi Anda yang belum pernah mengerjakan soal TOEFL, ada sedikit informasi umum sebelum kita masuk ke cara mendapatkan nilai TOEFL di atas 550. Tes TOEFL terbagi menjadi 3 bagian. Yang pertama adalah Listening Comprehension yang berjumlah sebanyak 50 butir soal. Pada bagian ini Anda akan diperdengarkan banyak percakapan dalam bahawa Inggris sebagai panduan Anda dalam mengerjakan soal-soal. Dalam sesi ini Anda harus benar-benar fokus dalam menyimak percakapan agar bisa menjawab pertanyaan dengan tepat.

Membedah Cara Mendapatkan Nilai TOEFL di Atas 550

Pengantar umum cara mendapatkan nilai TOEFL di atas 550 lanjut ke bagian yang kedua,  yaitu Structure and Writing Expression yang berjumlah sebanyak 40 butir soal. Dan terakhir adalah Reading Comprehension dengan soal sebanyak 50 butir soal. Di bagian terakhir ini masing-masing soal memiliki tingkat kesulitan yang tak sama. Namun kesamaan dari ketiga bagian tes tetaplah ada, atau bisa ditarik benang merahnya, yang bisa dipakai untuk menguak cara mendapatkan skor toefl diatas 550.

Cara berikut bukan hanya cara mendapatkan nilai toefl 550 saja, namun benar-benar bisa menjadi cara mendapatkan nilai TOEFL di atas 550. Pertama, ketika membaca teks bacaan, jangan menghabiskan waktu yang terlalu lama. Jika terlalu lama, pemanfatan waktu tak akan efektif. Padahal penilaian tes TOEFL itu merata, tidak di bagian Structure and Writing Expression saja. Kedua, di setiap bacaan pasti ada kata kuncinya. Memperhatikan kata kunci amat penting untuk bisa memahami pertanyaan dengan baik, kemudian bisa memilih opsi jawaban yang tepat. Tips ini banyak berlaku di bagian Reading Comprehession.

Cara mendapatkan nilai TOEFL di atas 550 yang ketiga adalah tenang dalam mengerjakan pertanyaan yang berbasis pada disiplin ilmu yang tidak Anda kuasai. Ini sering terjadi. Misal seorang Sosiolog dihadapkan pada wacana seputar Biologi. Kerjakan dulu soal yang lain, baru sisa waktu untuk mengerjakan soal dari disiplin ilmu lain tadi. Yang terakhir, ide pokok biasanya terletak di kalimat pertama paragraph. Selalu fokus pada paragraph pertama dahulu, jika tak menemukan ide pokok baru ke paragraph selanjutnya.

Tambahan Cara Mendapatkan Nilai TOEFL di Atas 550

Selain beberapa cara di atas, ada trik lain yang bisa dilakukan agar bisa mengerjakan tes TOEFL dengan mudah. Pertama, sering-seringlah menonton film berbahasa sekaligus bersubtitle bahasa Inggris. Kedua, Anda juga mesti sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris, lalu mencoba mendedah arti dan makna liriknya. Ketiga, sering-seringlah menulis berbahasa Inggris. Apapun itu: catatan harian, status di media sosial, opini pendek, dan lain sebagainya. Kemampuan bahasa adalah masalah kebiasaan. Semakin Anda terbiasa dengan segala hal berbahasa Inggris, pengamalan cara mendapatkan nilai TOEFL di atas 550 pada panduan sebelumnya juga aan semakin mudah.