Cara Belajar TOEFL Listening Secara Otodidak

Cara belajar TOEFL listening merupakan salah satu cara belajar untuk meningkatkan skill pengetahuan anda tentang belajar listening bahasa Inggris. Bagi anda seorang scholarship hunter, pencari beasiswa di sebuah perguruan tinggi, pastinya sudah familiar dengan istilah TOEFL (Test of English as Foreign Languange). Program seperti ini di pada umumnya di koordinasikan oleh ETS. Saat ini TOEFL merupakan syarat wajib bagi mereka yang ingin mengajukan program beasiswa. Ada juga program tes yang sama seperti IELTS, namun tes TOEFL sudah ditetapkan sebagai standar dalam mengukur kemampuan bahasa inggris yang sudah di akui oleh hampir semua negara.

Cara Belajar TOEFL Listening Untuk Mencapai Score Terbaik

Sebelum memahami Cara Belajar Toefl Listening ada baiknya pahami score atau nilai standar yang di berikan untuk mengikuti tes TOEFL, untuk setiap perguruan tinggi berbeda-beda. Ada beberapa perguruan tingi telah menetapkan standarnya yaitu dengan nilai score 500 (Pergurun tinggi negeri), score 550 (standar nilai minimal), 580 atau hingga score 600 biasanya di tetapkan untuk mereka yang memasukan persyaratan untuk mengikuti program tertentu misalnya saja untuk  MBA (Magister Administrasi Bisnis) dsb.

Cara Belajar TOEFL Listening

Terlepas dari persoalan mengenai score atau nilai TOEFL yang sedang ditetapkan dalam ujian, sebenarnya ujian ini tergolong gampang-gampang susah untuk anda jalani. Sebenarnya ada banyak trik dan Cara Belajar TOEFL Listening yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah ujian seperti ini. Pada saat mengikuti ujian ini, listening biasanya di kategorikan bagian yang cukup berat. Pasalnya berbeda dengan ujian pada section lain seperti structure ataupun reading, untuk tes yang satu ini agak sedikit sulit karena kita harus jeli dan pintar dalam ‘mendengarkan’.

Step Awal Cara Belajar TOEFL Listening

Langkah pertama Cara Belajar TOEFL Listening adalah tentu saja persiapan. Bagaimana bisa kita menginginkan score yang kita inginkan jika tidak melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan ini adalah dengan latihan dan membiasakan diri untuk mendengarkan berbagai percakapan dalam format bahasa inggris. Ada berbagai materi listening yang bisa anda download pada berbagai tutorial di media online, seperti mengunduh lagu mp3, film, serta kuliah yang sering di sampaikan oleh native speaker atau bisa juga dengan mengunduh TOEFL Listening Practice Audiobook Audio Cd yang sudah banyak disediakan.  Cara yang paling sering digunakan adalah pembiasaan, entah mendengar music, pecakapan dialog sehari-hari yang ada dalam film, dan perhatikan kosakata, tips TOEFL, dan English moderennya

Pola pembelajaran Cara Belajar TOEFL Listening tidak lari dari beberapa topik bahasan seperti reading, speaking, writing. Mulailah dengan mencoba membaca sesuatu, misalnya lagu dalam bahasa Inggris, kemudian bacalah lirik lagu tersebut, kemudian cobalah membaca lalu cobalah untuk memahami makna dari teksnya. Perlakukan juga hal yang sama dengan sebuah narasi cerita berbahasa inggris berbentuk paragraf. Perhatikan dan pahami gagasan yang disampaikan sambil ikut melatih speaking dan listening anda. Cara Belajar TOEFL Otodidak dengan pola membiasakan membaca dan mendengarkan cerita dalam bentuk narasi berbahasa inggris akan memudahkan anda untuk mengikuti tes TOEFL ini. 

Cara Belajar TOEFL Listening Pahami Trik dan Jebakan

Cara Belajar TOEFL Listening ini sebenarnya memiliki trik tersendiri. Tes TOEFL ini sebenarnya memiliki trik jebakan yang ada di setiap sectionnya. Jebakan itu ada baik di reading, structure, writing dan tak terkecuali listening. Ada banyak tutorial TOEFL yang banyak disajikan baik buku tentang tes TOEFL, kursus, bimbingan belajar, ataupun contoh-contoh soal tes ini beredar di dunia maya. Namun, yang paling penting adalah tetap belajar segiat mungkin dan cobalah untuk tetap fokus pada saat mengikuti ujian. Biasanya seseorang akan kehilangan fokus pada saat  listening karena mengingat waktu yang terbatas pada saat mengikuti ujian. Itulah Cara Belajar TOEFL listening secara Otodidak.