Cara Belajar Bahasa Inggris yang Baik Dan Benar

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Baik Dan Benar

Nama cara belajar sebenarnya tidak bisa di pastikan benar atau salah, namun kita seing menggunakan kata benar untuk menunjukkan satu cara yang lebih baik dari pada cara yang lain. Saat belajar kita pasti ingin tahu cara yang lebih baik, sehingga di saat belajar bisa memberikan hasil yang sesuai harapan atau memberikan hasil yang lebih baik dari cara lain.

Dalam belajar bahasa inggris 4 kemampuan bahasa inggris yang akan di kembangkan. Kemampuan itu adalah listening (mendengar) , speaking (berbicara), reading (membaca), writing (menulis). Dalam tulisan ini cara belajar bahasa inggris yang baik di fokus kan pada dahulu pada listening dan speaking, karena paling sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Bahasa inggris yang digunakan sehari-hari lebih yang lebih sering digunakan adalah bahasa lisan, untuk bahasa lisan yang di perlukan adalah kemampuan dalam mendengar (listening) dan berbicara (speaking)

Berikut ini adalah cara belajar belajar bahasa inggris khusus Listening dan Reading

a. Belajar Listening (Mendengar)

 1. Cara yang paling mudah adalah dengan terjun langsung ke wahana sosial dimana disitu banyak berkumpul native speaker atau sering kita sebut Bule, seperti pada tempat-tempat wisata

2. Belajar dengan Reading

Reading adalah salah satu cara yang paling jitu, paling cepat dan paling mudah, paling cepat, dan paling murah untuk membantu terbentuknya skill bahasa inggris lain secara praktis. Karena dalam reading sama halnya  dengan memiliki decoder untuk memahami kata, frasa, kalimat, variasi kalimat, dan grammar. Hanya saja dalam bentuk tulisan dan itulah batu loncatan bagi Anda untuk membentuk listeing skill.

 3. Belajar dari Audio-Book

Saat ini banyak sekali adio book yang gratis tersebar di internet. Cara belajarnya Pilih salah satu Audio Book yang manarik misalnya “Cinderella” pertama baca dulu bab I setelah selesai dengarkan audio MP3 nya. Lalu lanjutkan ke bab II, lalu dengarkan audio. Setalah merasakan kemudahan, cobalah secara dadakan langsung mendengarkan audio tanpa melalui teksnya lagi.

b. Belajar Speaking (Berbicara)

1. Mendengarkan dan Menjawab Cerita Singkat

Dengan metode belajar mendengar dan menjawab (Pertanyaan dari cerita) kita harus berpikir dan terpacu untuk menjawab (berbicara) dengan cepat.

2. Jangan Terlalu Fokus Belajar Grammar

Menguasai grammar itu penting, tapi jangan terlalu fokus mempelajarinya apa lagi belajar dengan menghapal rumus-rumus karena akan menghambat perkembangan kemampuan berbicara. Jika saat berbicara selalu memikirkan grammar, berbicara jadi tidak natural, terbata-bata, bahkan bisa tidak bisa berbicara sama sekali.

3. Berhentilah Membaca Buku Pelajaran Bahasa Inggris yang Formal/Umum

Buku pelajaran bahasa inggris yang formal/umum yang biasa kita dapatkan di Sekolah atau tempat kursus materinya hanya untuk aktifitas formal saja dan jarang digunakan untuk percakapan sehari-hari.

4. Belajar Secara Mendalam

Pelajari tiap kata, tiap frase secara mendalam agar benar-benar tersimpan dalam ingatan, tidak hanya mengerti/mengingat arti atau belajar hanya untuk ujian. Belajar secara cepat hanya membuat kita cepat lupa apa yang telah dipelajari.

5.Mendengarkan Cerita Pendek yang Sama yang Disampaikan dengan Waktu  (Tenses) yang Berbeda

Tujuan menerapkan cara ini untuk dapat mengusai grammar tanpa harus menghapal grammar yang cukup membosankan.

6.Belajarlah Bahasa Inggris yang Sebenarnya

Agar supaya bisa cepat paham apa yang orang inggris sampaikan dan kita juga bisa berbicara seperti mereka, maka kita harus melakukan apa yang biasa mereka lakukan seperti mendengar radio, radio talk show, audio book, audio article, menonton tv ,film, berbahasa inggris.

Belajar bahasa inggris dengan cara yang baik dan benar menjadi satu faktor penentu keberhasilan dalam menguasai bahasa inggris. Jadi dalam sebelum mulai belajar bahasa inggris ada baiknya mencari tahu bagaimana caraanya, setelah tahu, mempelajarinya dan praktekkan secara rutin.