Cara Belajar Bahasa Inggris dengan 3 Langkah Mudah

Cara belajar Bahasa Inggris dengan mudah menjadi sebenarnya tidak sesulit yang dipikirkan. Anda mungkin mencari banyak cara yang tepat dan cepat belajar Bahasa Inggris dengan tujuan kemampuan Bahasa Inggris Anda jauh lebih baik. Sebut saja salah satunya dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris yang saat ini sedang laris manis. Sebenarnya Anda dapat belajar Bahasa Inggris otodidak tanpa harus mengikuti sebuah kursus Bahasa Inggris. Dengan 3 langkah berikut, Anda nantinya akan terkejut dengan kemampuan Bahasa Inggris Anda yang meningkat secara signifikant. Apa saja ketiga langkah yang dimaksud? Silahkan simak informasinya berikut ini.

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Dengan 3 langkah ini, Anda nantinya akan terkejut dengan kemampuan Bahasa Inggris Anda yang meningkat secara signifikant. Apa saja ketiga langkah yang dimaksud? Silahkan simak informasinya berikut ini

 Cara belajar Bahasa Inggris

1. Fokuslah pada input, bukan output

Sebagian besar guru Bahasa Inggris dan siswa berpendapat bahwa kunci utama penguasaan Bahasa Inggris yang baik dapat dilihat dari skill speaking dan writing. Ada benarnya, namun kedua skill tersebut bukanlah tolok ukur utama untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris seseorang baik atau tidak. Terdapat bagian-bagian lainya yang juga berperan penting dalam hal penguasaan Bahasa Inggris.  Sebut saja contohnya skill listening di mana skill listening yang baik dapat juga membantu Anda dalam menguasai materi-materi Bahasa Inggris seperti bagaimana mengucapkan kosakata-kosakata yang benar. Kini ada cara yang menarik dan juga efektif untuk meningkatkan skill listening Anda. Sebut saja dengan sering mendengarkan lagu-lagu favorit Bahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, menonton berita berbahasa Inggris, dan masih banyak lainnya.

2. Grammar adalah poin yang penting, namun jangan terlalu dijadikan beban

Ketika berbicara soal grammar, sebagian besar siswa atau peserta kursus Cara belajar Bahasa Inggris berpendapat bahwa belajar grammar sangatlah sulit. Grammar dalam cara belajar bahasa Inggris memang penting. Mengapa? Karena Bahasa Inggris di Indonesia adalah bahasa asing. Jadi ketika belajar Bahasa Inggris, kita harus benar-benar belajar grammar dengan benar. Namun, jangan anggap grammar beban bagi Anda. Grammar juga jangan menjadi halangan bagi Anda untuk menunjukan keberanian Anda untuk berbicara dalam Bahasa Inggris.

3. Ulangi dan selalu Praktikan Materi yang sudah Anda dapatkan

 Sering-seringlah mempraktikan materi Cara belajar Bahasa Inggris  yang sudah Anda dapatkan. Listening, grammar, speaking, vocabulary, dan lain sebagainya bisa Anda praktikan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya saja Anda membentuk speaking club kecil yang berjumlah 5 orang, daily English setiap hari Jumat di rumah, berkaraoke menyanyikan lagu-lagu berbahasa inggris, membaca situs berita internasional, dan masih banyak kegiatan lainya yang bisa Anda manfaatkan sebagai media untuk praktik Bahasa Inggris. Dengan sering melakukan latihan, kemampuan speaking, listening, reading, dll akan meningkat dengan sendirinya karena Andaa sudah terbiasa melakukannya.

Nah, untuk menambah pembendaharaan kata Bahasa Inggris, Anda dapat memanfaatkan  teks-teks berita berbahasa inggris di surat kabar atau di situs-situs internet sebagai ‘guru’ Anda. Caranya, catat kosakata-kosakata baru yang Anda belum ketahui maknanya, lalu artikan satu-persatu dengan melihat makna di kamus. Gunakan kamus yang valid dan terpercaya serta lengkap. Kemudian catat makna kosakata-kosakata baru tersebut. Hafalkan dan aplikasikan dalam kalimat dengan tatanan bahasa yang bener (grammar). Subtitle bahasa Inggris dalam sebuah film juga bisa Anda manfaatkan untuk menambah hafalan kosakata Bahasa Inggris Anda. Sembari menonton, ada banyak kosakata yang Anda dapatkan.

Bagaimana? Tak sabar ingin mempraktikan Cara belajar Bahasa Inggris ? Ketiga langkah sederhana di atas cukup efektif untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris Anda. Anda tak perlu lagi mengikuti kursus Bahasa Inggris karena sebenarnya Anda memiliki potensi yang besar untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak.