4 Kesalahan Terbesar dalam Belajar Bahasa Inggris

4 Kesalahan Terbesar dalam Belajar Bahasa Inggris

Memiliki kemampuan menggunakan bahasa inggris adalah harapan semua orang yang belajar bahasa ini. Bahasa inggris merupakan bahasa asing yang nomor 1 yang digunakan di sebagai bahasa Internasional antar Negara, sehingga sangat diminati oleh banyak orang. Dengan menguasai bahasa inggris akan memberi kemudahan dalam menempuh pendidikan dan juga di dunia kerja. Saat ini mulai dari pendidikan dasar sudah diajarkan bahasa inggris,

Namun dari sekian banyak orang kita yang belajar bahasa inggris, sebagian besar tidak mendapatkan hasil belajar sesuai harapan, terutama untuk kemampuan dalam berbicara.

Kenapa banyak orang gagal dalam usaha untuk menguasai bahasa inggris?

Salah satu penyebabnya, karena orang yang belajar tersebut sudah melakukan beberapa kesalahan dalam belajar.

Sebelum menguraikan kesalahan-kesalahan itu, kita sebaiknya mengetahui dahulu hakikat dan fungsi bahasa, ya termasuklah disini bahasa inggris.

1. Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi

“Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi”, arti dari bahasa yang bernan-benar perlu ditanamkan dalam diri kita bahawa bahasa hanyalah alat untuk berkomunikasi intinya yaitu untuk menyampaikan Pikiran (thought), Perasaan (feeling) dan Kebutuhan (needs)

2. Bahasa adalahseperangkat keterampilan

Untuk memahami maksut dari bahasa sebagai keterampilan, kita harus bisa membedakan antara “Pengetahuan” dan “Keterampilan”

Pengetahuan : Sifatnya cognitive bisa dikuasai hanya dengan membaca atau menghapal contoh pelajar biologi dan geografi

Keterampilan : Sifat motorik, untuk menguasainya tidak cukup hanya membaca atau mengahap, melainkan harus dipraktekkan dan terus dipraktekkan, sehingga bisa menggunakannya secara otomatis tanpa harus berpiki

Dari kedua pemahaman diatas mengenai bahasa (dalam bahasa sudah termasuklah bahasa inggris). Inilah 4 kesalahan terbesar orang dalam belajar Bahasa Inggris

1. Menganggap bahwa bahasa adalah pengetahuan

Anggapa mengenai bahasa sebagai pengetahuan membuat orang yang belajar menjadi berlomba-lomba menghapal teori rumus-rumus grammar, mengerjakan soal latihan demi latihan, sehingga belajar bahasa seperti belajar matematika, full dengan rumus dan rule-rule yang membosankan. Diakhiri dengan bosen, jenuh, bête akhirnya patah arang dengan Bahasa Inggris. Ini karena yang dipelajari bukan Bahasa Inggris itu sendiri tapi hanya PENGETAHUAN tentang Bahasa Inggris

2. Tidak memperlakukan bahasa sebagaimana mestinya

Hakikat bahasa adalah ALAT komunikasi. Seharusnya bahasa diperlakukan sebagaimana mestinya yaitu gunakan langsung sebagai alat, praktekkan langsung – anda berlatih langsung menggunakan alat itu untuk ber komunikasi.

3. Berangggapan skill bisa terbentuk hanya dengan 1 langkah Cerdik

Tidak ada langkah cerdik apapun untuk menguasai skill – kecuali anda langsung yang menebusnya dengan bersusah payah. Langsung gerak, langsung praktek dengan penuh senang hati, sampai skill itu terbentuk secara otomatis dalam diri anda.

4. Takut salah – dan memegang prinsip Silence is Golden

Kesalahan no. 4 ini ada kaitannya dengan no.1. Karena menganggap bahwa

bahasa itu pengetahuan yang full rumus-rumus, jadi akhirnya takut salah. Mau mengatakan sebuah

kalimat sederhana seperti “saya akan pergi sekarang” setengah mati hati-hati nya memikir akan apa bentuk kalimat atau grammar yang digunakan, karena banya mikir takut salah dan takut slah, sehingga akhirnya memilih untuk lebih baik diam Silence is Golden.

Padahal bahwa bahasa yang paling tidak beraturan adalah Bahasa Inggris. Asal orang mengerti apa yang kita ucapkan, itu sudah cukup “You understand, I understand, That enough”.

Dengan mengetahui kesalahan terbesar dalam belajar bahasa inggris ini, kita jadi bisa mengkoreksi di, mengenai apa penyebab kita masih belum bisa menguasai bahasa ini sehingga bisa memperbaikinya.