4 Bentuk-bentuk Soal dalam Tes TOEFL

Bentuk-bentuk Soal dalam Tes TOEFL

Belum pernah mengikuti TES TOEFL dan ingin mendapat gambaran seperti apa bentuk soal tes TOEFL. Pada tulisan kali ini kami akan berbagi sedikit informasi tentang Bentuk Soal dalam Tes TOEFL untuk anda.

Sebenarnya dalam bahasa inggris ada 4 bentuk soal tes toefl yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, Reading Comprehension,dan Test Of English Written (TEW). Dari ke 4 jenis itu Test Of English Written (TEW) sangat jarang digunakan dalam Tes TOEFL, Penjelasan mengenai bentuk soal tes TOEFL tersebut, seperti berikut ini :

1. Listening Comprehension

Bagian ini digunakan untuk menguji kemampuan peserta menyimak pembicaraan atau bahasa lisan yang dilakukan dalam bahasa inggris. Para peserta diharapkan bisa menyimak setiap percakapan (baik dialog maupun monolog) yang berasal dari sebuah tape recorder.

2 Structure and Written Expression

Bagian ini digunakan untuk mengetahui kemampuan gramatikal peserta tes, termasuk di dalamnya gaya-gaya bahasa tulis dalam bahasa inggris. Pesera diharapkan memilih jawaban yang paling tepat untuk melengkapi sebuah kalimat dan juga harus menemukan kesalahan yang terdapat dalam sebuah kalimat

3. Reading Comprehension

Bagian ini ditujukan untuk mengetahui pemahaman peserta tes terhadap teks-teks tertulis dalam bahasa inggris. Secara umum, para peserta diharapkan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai arti, ide, informasi yang spesifik serta kosa kata tertetu yang terdapat dalam bacaan-bacaan yang diujikan.

4. Test Of English Written (TEW)

Bagian ini dikhususkan untuk mengetahui kemampuan peserta tes dalam melakukan tulis menulis dalam bahasa inggris. Dalam ujian ini peserta diberikan satu topic atau tema tertentu dan selanjutnya diminta untuk menulisakan ide mengenai tema tersebut.

Namun tidak semua tes TOEFL mengujikan TEW, bahkan hanya sedikit yang memasukkannya sebagai salah satu  materi pengujian.

Soal-soal tes TOEFL berbentuk pilihan ganda (Multiple Choice), terdiri dari empat pilihan (A, B, C, dan D).

Manfaat dari mengetahui Bentuk Soal Tes TOEFL biar lebih siap sewaktu ujian, tidak terkejut melihat soal, karena sudah memperkirakan gambaran soal, bisa cepat  mengerti dan memahaminya instruksi (karena pada saat tes disampaikan dalam bahasa inggris), bisa menghemat waktu (saat ujian instruksi di tulis/didengarkan dalam bahasa inggris, jadi akan memakan waktu juga), dengan mengetahui juga bisa mempersiapkan diri dengan berlatih mengerjakan soal-soalnya.

Selamat Belajar Semoga Sukses…